Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apakah Perbedaan Madu Asli dan Palsu? Ini Jawabannya!

Madu merupakan bahan makanan yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang beragam mampu membuat daya tahan tubuh terjaga.

perbedaan madu asli dan palsu
Madu Asli

Namun dari sebelum semuanya itu, anda harus pandai dalam memilih madu yang tepat. Karena belum tentu pedagang yang mengaku Jual madu asli madunya benar-benar asli, bisa jadi madu yang dijual adalah madu oplosan atau madu campuran dengan bahan lainnya.

Lantas, apakah perbedaan madu asli dan palsu? Perbedaannya cukup jelas antara satu dengan lain, apakah perbedaan yang dimaksud?

Pengertian Madu dan Asal Usulnya

Madu adalah bahan nektar yang didapatkan lebah dari bunga yang dihinggapinya. Nektar dikumpulkan dalam sarang lebah dan diolah didalamnya.

Setelahnya, lebah melakukan proses pengolahan didalamnya. Enzim yang dimilikki oleh lebah, tercampur dengan nektar dan menjadi madu setelah mengalami proses fermentasi. Semua cairan madu akan keluar dan yang tersisa adalah madu murni.

Untuk anda yang ingin menikmati madu sarang atau madu yang masih dalam sarang lebah, sekarang ini sudah banyak peternak madu yang jual madu sarang , sehingga anda bisa menikmati madu asli langsung dari sarang lebah.

Untuk Mengetahui perbedaan madu asli dan palsu dengan kasat mata sangatlah sulit. Karenanya, akan diketahui perbedaannya dengan melakukan percobaan kecil-kecilan.

Percobaan ini akan membantu menentukan, apakah madu yang dikonsumsi termasuk madu asli atau sebaliknya. adapun cara-cara yang dimaksud, akan dijelaskan dibagian berikutnya.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Bagaimana Cara Membedakannya?

Telah disimpulkan lima cara untuk membedakan madu asli dengan madu palsu. Cara ini telah dilakukan dan ditemukan perbedaan yang jelas antara madu asli dan madu palsu. Berikut ulasan lengkapnya,

1. Teteskan Air

Penikmat madu dapat memasukkan satu tetes madu ke dalam air, sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Caranya, cukup liat hasil dari madu yang diteteskan.

Jika madu tidak tercampur dengan air dan terjatuh dibagian dasar, maka madu ini adalah madu asli. Namun, jika madu terapung dan tercampur dengan air, maka madu ini merupakan madu palsu atau campuran.

2. Rebus Madu

Bila dibandingkan dengan cara sebelumnya, cara untuk mengetahui perbedaan madu asli dan palsu ini tergolong unik. Karena cara ini mengharuskan anda merebus madu yang dikonsumsi.

Caranya, tuangkan pada sendok dan rebus diatas api atau lilin. Jika madu mengeluarkan busa yang cukup banyak, maka madu ini merupakan madu asli. Jika tidak mengeluarkan busa yang banyak, maka madu adalah palsu.

3. Menguji dengan Kertas

Cara lain yang dapat dicoba adalah menggunakan kertas. Anda harus mengambil kertas dan teteskan madu diatasnya.

Kertas yang tidak sobek ketika diteteskan madu, berarti merupakan madu asli.

Sedangkan kertas yang mudah robek setelah diteteskan madu, merupakan madu campuran atau madu palsu. Jika demikian, segera ganti madu tersebut.

4. Perobaan Korek Api

Berikutnya anda dapat mencoba membuktikan madu asli dan palsu dengan ujung korek api.

Caranya mudah, gesekkan ujung korek api pada madu yang dimiliki.

Apakah hasil yang muncul? Jika hasil yang muncul adalah menyala, maka madu tersebut adalah madu asli.

Hal yang sama berlku, jika api tidak menyala, yakni madu bukanlah madu murni melainkan madu campuran.

5. Membekukan Madu

Terakhir, anda harus mencoba untuk membekukan madu. Caranya adalah membekukan madu dalam freezer selama beberapa waktu.

Bila madu tidak membeku setelah waktu tersebut, maka madu ini merupakan madu asli.

Jika madu yang dimasukkan, cepat membeku, maka madu ini merupakan madu palsu.

Mudah bukan menemukan perbedaan madu asli dan palsu?

Percobaan ini dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Setiap percobaan akan membantu menentukan perbedaan madu asli dan palsu.

Dengan percobaan ini, tentunya dapat diambil kesimpulan, apakah madu yang dikonsumsi merupakan madu asli atau sebaliknya.

Related Posts

Add Comment